Total Tayangan Halaman

Minggu, 31 Juli 2011

SIFAT DASAR SENI

Tidak setiap karya manusia bisa dikatakan sebagai karya seni, berdasarkan telaah terhadap teori-teori seni, didapatkan sekurang-kurangnya 5 sifat dasar seni, yaitu,:
a. Kreatif, seni merupakan rangkaian kegiatan manusia yang selalu menciptakan sesuatu yang baru, apapun itu (lukisan, lagu, tarian, teater dll) yang tadinya belum ada dalam gagasan seseorang.


b. Individualitas, karya seni yang tercipta merupakan karya yang berciri personal, subjektif dan individual. Seniman berperan sebagai konseptor karya dan atau sekaligus berperan sebagai pembuat karya atau pelaku. Namun dalam perkembangannya, karya seni dapat pula merupakan karya bersama atau kolaborasi yang merefleksikan gagasan bersama. Sifat individual seniman tercermin dari karya seninya melalui gaya pengekspresian yang khas. Contoh: lagu Iwan Fals memiliki gaya yang berbeda dengan lagu Ebiet.

c. Ekspresi, dalam mengapresiasi dan menilai suatu karya seni harus memakai kriteria atau ukuran perasaan estetis. Seniman mengekspresikan perasaan estetisnya ke dalam karya seni. Penikmat seni (apresiator) menghayati, memahami, dan mengapresiasi karya tersebut dengan perasaannya. Contoh, lagu Imagine karya John Lenon merupakan ungkapan kepeduliannya terhadap nilai-nilai humanisme dan perdamaian sehingga mampu menggugah perasaan para pendengarnya.

d. Keabadian, sebab seni dapat hidup sepanjang masa melampaui usia penciptanya. Karya seni yang diciptakan oleh seorang seniman dan diapresiasi oleh masyarakatnya, tidak dapat terhapus oleh waktu. Contoh, Lagu Indonesia Raya sampai sekarang masih tetap abadi dan diapresiasi oleh bangsa Indonesia sebagai lagu kebangsaan.

e. Universal, seni berkembang di seluruh dunia dan di sepanjang waktu. Seni tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Sejak jaman pra sejarah sampai jaman modern ini, orang terus membuat karya seni dengan beragam fungsi dan wujudnya sesuai dengan perkembangan masyarakat. Contoh, desain mode baju terus berkembang sesuai trend mode yang selalu berubah dari waktu ke waktu dan banyak mempengaruhi gaya hidup di seluruh penjuru dunia. Produk kriya keramik dengan berbagai coraknya dapat dijumpai di berbagai daerah dan negara.

Tugas:
1. Seorang seniman berkarya dan seorang pengrajin bekerja. Diskusikan dengan kelompokmu, apa persamaan dan perbedaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar